Friday, February 19, 2010

TIPS SUPAYA TIDAK DICULIK VIA FACEBOOK


Keberadaan facebook akhir-akhir ini memang sangat fenomenal. Kita terasa dimudahkan untuk menjalin kembali pertemanan dengan teman lama kita dari masa lalu dan menjalin pertemanan baru dengan orang yang baru dikenal via facebook. Tentunya rasa terima kasih kita ucapkan kepada Mark Zuckerberg selaku admin plus pencipta situs facebook.

Bagi sebagian orang, keberadaan facebook sangat menguntungkan karena bisa menemukan kembali jalinan silaturahmi dengan orang-orang yang pernah dekat beberapa tahun silam. Bernostalgia, reuni, bahkan membangkitkan kembali cinta lama yang telah berlalu menjadi kegiatan yang dijalani dengan adanya facebook. Mau disemikan lagi, silakan..atau dijadikan kenangan saja juga monggo. Asal perlu diingat, bagi yang sudah punya pasangan saat ini sebaiknya jangan terlibat dalam skandal cinta masa lalu. Yang lalu biarlah berlalu, cukup dikenang saja, apalagi kalau sekarang kita sudah punya pasangan dan anak. Bahaya !!!

Fungsi lainnya dari facebook adalah sebagai media promosi gratis usaha / bisnis kita. Lumayan to, dapat pelanggan dari teman sendiri. Sama-sama sudah tahu karakter masing-masing dan bisa saling menguntungkan dengan harga saudara misalnya. Kemungkinan terjadi penipuan relatif lebih kecil, walaupun ada juga teman yang tega menipu teman. Tapi mudah-mudahan jangan, ya !

Memang, menjalin pertemanan di internet itu gampang-gampang susah. Kadang kita berpikir positif, malah dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Seolah memanfaatkan kebaikan kita. Jadi, paling tidak kita harus pandai memilah-milah sendiri mana yang kira-kira baik dan bisa diajak berteman. Kita harus bisa membentengi diri dan waspada setiap saat dari bahaya yang mengancam (wuih..kayaknya serem ya..?)

Beberapa tips dibawah ini ( yang saya rangkum dari berbagai sumber ) mungkin cukup berguna supaya kita atau anak-anak kita tidak menjadi korban penculikan yang akhir-akhir ini marak terjadi :
  • Jangan mencantumkan alamat lengkap dan nomor telepon di info profil

  • Jangan meng-upload foto yang “mengundang” (sensual)

  • Jangan meng-confirm permintaan teman yang kira-kira mencurigakan, kita lihat apakah ada mutual friend atau tidak

  • Akan lebih aman jika kita setting foto-foto dan info tentang kita hanya bisa dilihat oleh teman-teman yang kita kenal saja

  • Jangan update status yang bisa menyinggung perasaan orang lain, misalnya marah-marah kepada seseorang, menyindir, menghina dan hal-hal lain yang menimbulkan perselisihan (hendaknya kesalahpahaman diselesaikan oleh kedua belah pihak yang bersangkutan, tidak perlu diekspose ke publik)

  • Jangan mudah percaya dengan ajakan yang aneh-aneh (diajak ketemu padahal kita belum mengenalnya secara jauh)

  • Jangan pamer harta / kekayaan karena bisa mengundang tamu tak diundang
Mungkin ini sebagian tips yang bisa mengurangi resiko dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Mestinya facebook menjadi sarana untuk mempermudah social networking kita tapi jangan sampai terganggu oleh hal-hal di luar dugaan kita. Kalau kita siap menggunakan facebook, mestinya kita juga siap dengan segala resikonya. Tidak ada yang salah dengan facebook, dan facebook bukan kambing hitam dari segala penyalahgunaan yang ada. Dari pihak kita sebagai pengguna yang mestinya berhati-hati sendiri. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di luar sana.

Satu hal yang pasti, jangan pernah terlena dengan dunia maya. Namanya saja maya yang artinya semu, banyak hal yang indah-indah diumbar disini. Jangan heran jika pada kenyataannya, dunia maya tak seindah dunia nyata.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...