Tuesday, September 14, 2010

Hati-hati ! Penipuan Berkedok Order Barang

Saat saya jaga toko belum lama ini, datang supplier barang dagangan di toko saya, bercerita bahwa baru saja terjadi penipuan yang menimpa toko langanannya di Wonosari dan di Yogya.

Berdasarkan ceritanya, seorang laki-laki berpenampilan rapi pura-pura mencari barang yang tidak ada di toko itu. Katakanlah barang itu semacam lem kering merk tertentu yang pedagang belum pernah menjualnya dan baru melihat pertama kali contoh barang yang ditunjukkannnya. Laki-laki itu memberi ancer-ancer harga satu dus seharga 300 ribu rupiah yang berisi 100 pcs lem kecil-kecil. Orang itu berkata butuh barang itu 10-20 dus setiap minggunya. Laki-laki itu mendesak pedagang kalau ada, akan membeli barang itu dan berani memberi uang muka segala.

Tertarik dengan tawaran laki-laki itu, pedagang menyanggupi akan mencarikan barang itu setelah menerima uang muka. Padahal sebenarnya, barang yang dicari, di luar barang yang biasa dijual pedagang. Tapi berhubung ingin mencari sampingan hasil yang lumayan besar, permintaan itu disanggupi.

Beberapa hari setelah laki-laki itu memberi uang muka, datang beberapa orang dengan mobil APV Plat AD yang berlagak sebagai sales menawarkan barang persis seperti yang diminta laki-laki sebelumnya. Tanpa berpikir panjang, pedagang langsung membeli barang 10 dus dengan harga @250 ribu sehingga total 2,5 juta. Dengan asumsi akan untung 50 ribu per dusnya, uang 2,5 juta segera berpindah tangan ke sales gadungan itu.

Dan benar saja, setelah uang berpindah dan barang di tangan, laki-laki yang beberapa hari lalu selalu muncul tiba-tiba menghilang seperti ditelan bumi. Nomor handphone yang diberikan mendadak tidak bisa dihubungi. Dan lebih tragis lagi setelah melihat barang yang dipesan ternyata bukan lem yang bisa dijual, kemasannya sulit dibuka dan setelah dibuka hanya gumpalan semen yang tidak ada harganya sama sekali. Duh..menyedihkan ya..uang 2,5 juta raib entah kemana.

Sepertinya ini modus penipuan yang baru. Komplotan orang yang kerjasama untuk mencari uang dengan cara yang sangat merugikan. Sedikit lebih cerdik dengan cara yang tidak terduga sebelumnya. Dari laporan yang diterima, toko-toko yang sudah menjadi korban adalah toko besi, toko kelontong, toko onderdil dan tidak menutup kemungkinan di toko apa saja dengan permintaan barang yang berbeda-beda.

Hikmah yang bisa kita petik dari kejadian ini adalah ;

- Jangan mudah tergiur dengan untung yang banyak

- Kalau barang yang ditawarkan adalah barang yang sama sekali tidak kita tahu, lebih baik jangan ambil resiko, mending yang pasti-pasti saja, yang sudah kita ketahui luar dalam


- Jangan mudah tergoda dengan uang muka, bila yakin kita tidak tahu barangnya, lebih baik ditolak saja dengan alasan di luar bidang kemampuan kita

- Senantiasa menganut prinsip, no pain no gain. Tidak ada keuntungan banyak yang bisa kita raih dengan cara yang gampang. Adalah sebanding jika dengan bekerja keras kita akan mendapatkan hasil yang maksimal..

Demikian sekilas info, semoga bermanfaat. Have a nice day ya..!

6 comments:

  1. Betul ada modus seperti itu saya hampir mengalami...

    ReplyDelete
  2. Waktu itu 8 juni 2014 pukul 9.00 ada seorang yang mau belanja racun tikus dengan merk sox ..kebetulan kami toko baru jadi kami belum menyediakan untuk merk2 tertentu..sang pembeli mengatakan mau order merk itu dalam quantiti 40 box seharga 15 juta sebulan sekali untuk pembelian pertama ia mau dp 2 jt rupiah..k.ebetulan kami tidak terima uang muka tersebut.............beberapa jam kemudian datang seorang seles yang menawarkan barang tersebut..alhdulilahnya kami tidak buru buru membelinya..karena setelah kami ceks melalui teman..bahwa alamat pemesan ternyata palsu..jadi kami mengurungkan order...karena kami mulai curiga dan akhirnya betul sang pengorder tidak kunjung muncul...setelah kami punya rencana mempertemukan pembeli dan selesnya.

    ReplyDelete
  3. wah..cukup mendebarkan ya pak Joko..untung tidak terpengaruh..selamet deh..selalu waspada aja.. :)

    ReplyDelete
  4. Aduhh.warung mama saya juga habis ditipu kayaknya nih. Dia semacam obat sakit gigi agen itu mengatakan akanendapatkan uang 250rb/bln selama 6bln klo memasang spanduk dan kita beli obatnya. Tawarannya hari jumat kemarin dan katanya akan di pasang spanduk hari senin.dan sudah dibayar obat itu 2ktak dg harga 600rb,sampai skrng hari rabu ditunggu2 tidak ada orang itu datang

    ReplyDelete
  5. Waduh..kenapa barangnya belum ada sudah dibayar ? Mestinya ada barang baru bayar atau bayarnya tempo gitu.. :(

    ReplyDelete
  6. Waduh brarti td saya ketipu.td ad sales permen k toko saya.dia menawarkn apabila saya membeli 12 jenis mcam permen maka akan d pnjami sejenis lemari pendingin dan akn d ksh spanduk dan tiap bulanya akan dapat kopensasi 100 ribu dari sponsor selama 6 bulan.tadi saya habis 1.5 juta untuk membeli 12 jenis permen

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...