Wednesday, May 29, 2013

Lima Ribu Rupiah Untuk Makan Tiga Hari ? Bisa....

Gambar dipinjam dari sini

Percayakah pembaca dengan judul diatas ? Provokatif sekali ya kesannya..hehe..memang iya, tapi ini nyata. Saya alami bersama teman saya. Gimana ceritanya ? Mau tahu ceritanya ? Baiklah..duduk yang manis, tangan dilipat, pasang telinga lebar-lebar eh..baca pelan tapi pasti..*apa sih.. :)

Suatu hari, di sekitar tahun 2004 ( kalo saya gak salah inget ), itu jaman saya masih indehoy eh...indekost di Magelang. Yap, ini sisi lain dari cerita saya tentang Nasib Anak Kost, boleh dibaca buat yang belum baca, biar lebih afdol gitu..*ceilleeee...

Setelah tragedi kamar kost tanpa ada colokan listrik  waktu itu, saya dan teman saya sepakat untuk segera pindah ke tempat kost baru setelah cukup merasakan getirnya kost ala jaman belum ada listrik selama satu bulan. Iya, gak mau rugi kalo cepet-cepet pindah sebelum  jatuh tempo berakhir. Cara hengkangnya pun cukup dramatis, malam sebelum jatuh tempo saya dan temen saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya alias packing serba kilat. Besok siangnya, masih dengan seragam kerja, dengan motor pinjaman dari teman, saya dan Arum segera mengevakuasi barang-barang saya di kost-an. Kebetulan memang barangnya tidak begitu banyak hanya beberapa tas berisi pakaian dan perlengkapannya. Tidak ada perkakas karena memang sudah ada kasur dan lemari dari fasilitas kost. Selain itu, alasan berikutnya ribet dan mau bawa tape atawa TV, mana colokannya ? Hah..tragis..Jadi kami pamitan sama ibu dan bapak kost pun dalam kondisi sudah siap sedia angkat kaki dan segala barang kami tenteng. Mereka semua kaget, kenapa kami cepat-cepat pindah, ya alasannya sudah dapat tempat kost yang lebih dekat biar hemat transport gitu. Padahal sih sebenarnya..ada alasan lain yang lebih mengukuhkan keputusan kami untuk move on yang  tidak bisa diganggu gugat. Yah..biar mereka instropeksi aja lah ya..

Huft..lega banget rasanya bisa pindah dari kost lama dan pindah ke kost baru. Kost baru ini selain lebih dekat kantor, bangunannya masih baru, bersih dan luas juga kamarnya. Saya satu kamar lagi dengan Arum. Kasur sudah disediakan, tapi lemari belum ada. Sementara kami buat lemari dari karton kardus sambil menunggu gajian tiba. Hiks..kreatif apa kereatif nih..hihi..

Halamannya kost cukup luas, sepuluh mobil parkir pun cukup sepertinya, ada sekitar sepuluh kamar kost berjajar. Rumah bapak dan ibu kost ada di sebelah, satu kompleks dengan kost-kostan. O,ya..kost-kostan kami termasuk kost campur, lain dengan kost dulu yang khusus kost putri. Penghuni kost  ada yang pasangan suami istri, ada yang masih membujang, ada juga yang LDR karena kerja di Magelang, keluarga ada di kota lain seperti Kebumen, Semarang, Solo dan lain-lain. Hampir tiap weekend  mereka mudik untuk keluarga masing-masing. Yah, pokoknya sudah seperti saudara aja kalo pada ngumpul di kost-an. Harganya memang lebih mahal sedikit bila dibanding kost yang dulu, 90 ribu sebulan beda dengan yang dulu 75 ribu. Namun cucok lah ya, dengan tersedianya colokan listrik di kamar plus ada dapur di ujung kost yang cukup memadai untuk memasak. Bisa hemat kan..Ssssttt..ini yang pertama kali kami cek waktu masih survey dulu..maklum, trauma irama soalnya hahaha..

Penghuni kost disini, terutama yang pasangan suami istri, rata-rata memasak di dapur. Mereka masak nasi di rice cooker atau manual pake dandang kemudian nasi dipindah ke magic jar supaya anget terus (jaman itu magic com belum sebanyak sekarang), kemudian tinggal memasak sayuran dan menggoreng lauk. Karena melihat kebiasaan mereka tiap hari, lama-lama saya dan Arum ikut masak juga. Segera saya dan Arum beli kompor minyak yang kecil (waktu itu minyak tanah belum langka dan tabung gas 3 kg belum lahir), panci dan ceret untuk merebus air. Sebagian perkakas ada yang ambil dari rumah di Jogja jadi gak perlu beli. Kami memasak pagi hari, bangun tidur langsung ke tukang sayur, kemudian memasak nasi dan memasak sayuran serta menggoreng lauk. Waktu cukup longgar karena kami masuk kerja jam 8.30. Cukup santai dan tak perlu buru-buru.

Kalo diitung-itung, hemat sekali lho bisa masak. Beras paling cukup dua gelas untuk makan berdua tiga kali  sehari. Bumbu-bumbu biasanya masih bisa dipakai lagi, tinggal beli sayur dan lauk. Jaman dulu sayuran dan lauk masih begitu murahnya. Ayam 5 ribu rupiah sudah dapat banyak untuk berdua, kebetulan sebelah kostan ada penjual ayam potong. Sayuran, kangkung misalnya satu ikat cuma 500 rupiah. Kalo lauknya hanya tempe atau tahu, sehari kami belanja sayur dan lauk hanya kisaran 2 ribu sampai lima ribu rupiah. Itupun masih dibagi dua, jadi rata-rata sehari hanya keluar uang seribu sampai dua ribu rupiah untuk 3 kali makan. Wow..kan ? Kecuali kalau bumbu-bumbu dan beras habis, ya belanjanya lumayan banyak. Beda jika harus jajan, makan biasa aja paling nggak lima ribu untuk sekali makan. Sehari makan 3 kali berarti minimal keluar uang lima belas ribu. Kalau masak, mau capek sedikit bisa hemat kurang lebih 7-15 kali lipatnya. Hm..lumayan, uangnya bisa untuk keperluan yang lain.

Sampai-sampai, ada teman kerja cowok, ikut sarapan di pagi hari cukup hanya membayar seribu rupiah saja untuk sekali makan. Mereka kadang nggak percaya cuma bayar seribu, sangat jauh bila harus jajan di warung. Plusnya lagi, masakan kami enak lho, gak kalah dengan masakan di warung makan. Andalannya adalah tumis atau ca kangkung. Serasa makan di resto sea food gitu rasa ca kangkungnya hahay..ngelunjak..

Nah, ada cerita menarik ketika saya dan Arum sama-sama tongpes di akhir bulan. Waktu gajian masih 3 hari lagi, tapi uang di dompet bisa sama-sama tinggal lima ribu rupiah. Ini akibat belanja-belanji yang cukup kalap di awal bulan kemarin. Beli baju, sepatu, sandal atau apalah yang sebenarnya korban dari diskon department store. Dan saat malas menyerang, jajan saja, gak masak. Alhasil pengeluaran membengkak. Uh..

Maka, saya dan Arum sepakat untuk bisa bertahan hidup selama 3 hari dengan uang lima ribu rupiah saja. Bagaimana caranya ? Mau ngutang ke temen yang lain malu, mau puasa, duh..perutnya gak kuat, takut maag kambuh. Pokoke banyak alasan. Mau jajan terus, jelas nggak akan cukup, kecuali ngebon dulu di warung makan, tapi gengsi dong. Cantik-cantik kok ngebon makan..duh..GR amat yak bilang cantik.

Maka ditetapkanlah keputusan, mau tak mau kami harus memasak dengan limit belanja sayur cukup 3 ribu sehari mengingat uang gabungan saya dan Arum hanya sepuluh ribu rupiah karena harta yang dipunya @lima ribu rupiah saja. Jangan mau makan macam-macam dulu. Lauknya paling banter ya tahu atawa tempe, syukur-syukur kalo sisa bisa buat bonus krupuk. Ok, sip. Saya segera periksa ke dapur barangkali beras atau bumbu ada yang habis, bisa gawat rencananya, terancam gatot alias gagal total.

Saya bisa  bernafas lega ternyata beras dan bumbu-bumbu masih cukup untuk 3 hari ke depan. Bahan bakar minyak tanah juga masih cukup. Tinggal pelaksanaannya saja.

Jadilah, 3 hari penuh dengan prihatin dan tawa canda. Saya dan Arum berhasil melewatinya saudara-saudara. Dari 3 ribu rupiah yang ditargetkan sebagai batas maksimal belanja di tukang sayur itu kadang malah sisa lho, misalnya beli 2 iket kangkung seribu, tempe 1 bungkus seribu rupiah, krupuk 500 rupiah..tuh kan, cuma 2.500 rupiah saja. Masih sisa 500. Itu bisa buat makan 3 kali sehari dan kenyang. Yang penting selama tiga hari ini jangan ada keinginan untuk jajan, bisa bubar acaranya, kecuali kalo ada yang traktir. Hehe..itu mah namanya rejeki yang pamali kalo ditampik.

Hm..sekarang saya suka ketawa sendiri jika mengingat masa-masa indah dan ceria waktu masih kost dulu. Banyak cerita lucu yang sekarang menjadi kenangan yang tak terlupakan. Ah, masa itu..

Oke deh, sekian dulu ceritanya. Semoga bisa menghibur and bermanfaat. Lain kali disambung lagiiii...

10 comments:

  1. Itu tahun 2004. Aku malah gtratis enggak pake acara keluar duit klo makan *nebeng tempat embah *hehe...

    Seru emang masak sendiri *dulu waktu aku ngekost juga getuuuh, masak...lebih irit tur bersih.

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
  2. hahahah..iya mak astin..seru ya jaman kost tempo doeloe..apalagi kalo masak bareng2..serasa belajar jadi master chef :))

    tengkyu dah mampir dimari..

    salam juga.. :D

    ReplyDelete
  3. klo zaman dulu sekitar tahun 2005 kebawah mungkin mudah mbak carei menu yang murah, tgapi klo sekarang susah, semua lauk serba mahal, dulu saya uang 5 ribu juga bisa makan enak krn bayak yg harganya masih sekitar 2 ribu perporsi

    ReplyDelete
  4. iya sih, sekarang bawang merah, bawang putih n cabe aja harganya naik turun, sayuran juga naik harga, tempe n tahu juga lumayan, apalagi ayam n daging..cukup menguras kocek, mak Lisa hehe..

    makasih sudah mampir.. :D

    ReplyDelete
  5. hahaha, pengennya sih sekarang juga bisa ya mak, 5000 cukup 3 hari..
    dulu jaman aku ngekos, 5000 jg gk cukup sehari, soalnya cuma tau beli doang...knp ya dulu aku gk kepikiran buat masak sendiri..:(

    ReplyDelete
  6. waaa..ada mak Magali..iya, maunya 5 rb bwt 3 hari, namun apa daya..sekarang 5 rb bwt beli bawang merah seperempat kg aja dah kagak bisa..*hah curhat harga bumbu..tengkyu dah mampir mak.. :D

    ReplyDelete
  7. Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    SMS Center: 085781037499
    Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & dan calon mitra bisa langsung diskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    ReplyDelete
  8. 2004 aku msh kuliah jg... tp ga mungkin bisa 5000rp utk 3 hr ditempatku mbaa :D... 1x makan yg proper aja MYR 2-3 ... Rate RP saat itu 2500 per MYR1. -__- Jd bisa dibilang mustahil ;p...

    Btw itu kosnya murah bgttttttt... ga prnh tau ada kos sebulan cm Rp 90rb??? Even utk thn 2004 itu murah bngetttt.. lah waktu msh di Banda Aceh sebelum pindah ke Penang, kos-an ku 6x lipatnya -__-. pake bonus mati listrik 4x sehari dan lama pulak lagi .. PLN di sana emg dodol bgt dah.. Surga benr2 ya magelang itu berartiiii.. ^o^ tp daerah jawa emg murah2 kyknya mba..kampung halaman suami di solo aja msh bisa dibilang murah... harg soto masih ada yg 6rb rp :D Selalu happy deh tiap mudik ke solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mba Fanny..itu kamar kosnya gede lagi.. bisa bwt 2 kasur, bersih pula..dah pake keramik..murmer pokoke..emang jogja, magelang, solo n kota di Jawa rata2 murah kulinernya..tapi ya gajinya tidak sebesar di luar Jawa..sebanding lah ya, gaji biasa, biaya hidup murah, gaji tinggi di luar Jawa, biaya hidup ya tinggi pula.. :D

      Delete
  9. Dunia Yang Akan Mewujudkan Impian Anda,Kami Akan Memberikan solusi mengatasi masalah ekonomi anda.
    Hanya Dengan Bermodalkan Kepercayaan Dan Keyakinan/TOGEL YANG TERBAIK. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...