Sunday, August 09, 2015

Passion


Sewaktu kecil, saya tak pernah bercita-cita menjadi seorang penulis. Saya berkenalan dengan menulis ketika  mengarang ada dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Saat itu, saya hanya senang bercerita dalam karangan saya. Cerita apa saja. Terutama tentang Berlibur ke Rumah Nenek. Lambat laun, saya mulai merasakan asyiknya menulis. Dan saya semakin termotivasi ketika Guru Bahasa Indonesia  di SMA memberikan nilai A untuk pembuatan kerangka karangan. Saya senang sekali.


Lalu, saya mulai mencoba untuk membuat cerpen. Tidak mudah, karena berkali-kali saya mesti ganti kertas. Itu terjadi saat SMP, nekad mengirimkan karya saya ke majalah remaja kala itu. Dan ditolak. Tak apa. Saya mencoba membuat cerpen-cerpen berikutnya. Ternyata buletin sekolah di SMA memuat cerpen saya. Fiuh..senang sekali meski tanpa honor. Lalu karya saya yang lain juga sempat dimuat di tabloid remaja lokal di kota Jogja. Masih belum dapat honor, tapi saya senang.

Lalu, kegiatan menulis ini menjadi hobby di waktu luang. Lama kelamaan hanya sesempatnya. Dan seringnya banyak alasan yang membuat saya terbuai untuk tidak menulis. Lama..saya vakum beberapa tahun hingga saya menikah lalu punya anak.

Tahun 2009, saya termotivasi membuat blog karena melihat teman suami saya cukup berhasil beternak blog hingga panen dolar dari Google Adsense. Saya tergiur. Dan jadilah satu blog berbahasa Inggris sebagai pancingan untuk bisa dipasang Google Adsense. Saya ingat, waktu itu 10 postingan artikel berbahasa Inggris yang saya kutip dengan menyertakan nama penulisnya dari free article menjadi pembuka jalan untuk disetujui Google. Bukan karya saya, karena dulu, syarat blog bisa dipasangi Google adsense adalah berbahasa Inggris.Tadinya, blog pertama yang saya buat ini mempunyai tema tentang blog hobby. Setelah ada Google Adsense di blog saya, kemudian saya rajin mengisi konten berbahasa Indonesia karena saya tidak terlalu lancar menulis dalam Bahasa Inggris. Takut salah. 

Lalu dari satu akun google, saya buat blog yang lain dan saya pasangi adsense semua. Dan bisa. Namun lama kelamaan, saya sibuk di dunia nyata dan hobby menulis mulai terabaikan. Saya mati suri dalam menulis. Salah satu blog saya di banned dari Google Adsense karena ada satu judul konten tulisan saya yang dianggap bertentangan dengan visi misi Google. Yo wis rapopo. Blog saya yang lain masih bisa ber-Google Adsense. Akan tetapi, karena saya lama tidak update, adsense-adsense dari Google itu lama-lama menghilang. Hingga sekarang. Sebelum saya sempat mengumpulkan dolar. Hanya $7 saja perolehan sampai saat ini. Wah..jelas bukan pencapaian maksimal. Sebanding lah ya dengan usaha saya selama ini  yang kurang fokus dan total.

Lalu, lima tahun yang lalu saya mencoba mengirimkan tulisan saya di majalah Femina, untuk rubrik Gado Gado. Ternyata dimuat setelah menunggu sekitar setahun. Aih, senangnya hati ini. Tak disangka, tak diduga. Ini merupakan pencapaian buat saya. Harapannya, akan ada tulisan saya yang lain yang bisa dimuat di majalah ini. Walaupun saya tahu, itu tak gampang. Tapi hidup selalu penuh tantangan kan..? Itulah seninya..seni hidup.

Dan baru-baru ini, sharing saya tentang persiapan ASI saat hamil dimuat di majalah Ayahbunda edisi minggu kemarin. Suenengnya..Ini semua berkat pertemanan yang baik di dunia maya dengan teman sesama blogger yang ternyata seorang kontributor majalah Ayahbunda, mba Rina Susanti. Makasih banyak ya, mba Rina..sukses selalu buat mba Rina. Siippp..

Jadi, saya menulis sejauh ini mengalir begitu saja. Banyak hal yang tidak penting mungkin, namun saya yakin di luar sana ada yang membutuhkan. Sekedar sharing, apa salahnya. Kalau banyak curhatnya, ya mohon dimaafken..heuheuheu..Saya menyadari masih banyak hal yang harus saya pelajari tentang dunia menulis ini. Saya suka minder sendiri melihat karya blogger-blogger lain yang aduhai. Tapi, saya tetap harus percaya diri dengan karya saya sendiri. Apapun hasilnya. Toh, saya memang bukan ahlinya menulis, saya masih selalu belajar dan belajar. Sampai kapanpun. Yang pasti, saya berusaha untuk tidak copy paste karya orang lain. Itu saja.


42 comments:

  1. melakukan kegiatan sesuai passion memang menyenangkan, apalagi jadi pekerjaan hehe.. tetap menulis mba :)
    mampir ~
    https://aksarasenandika.wordpress.com/2015/07/12/buat-bapak-semua-hanya-masalah-waktu/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..iya, mas Wiso Geni..segera ke tkp..

      Salam passion .. :D

      Delete
  2. Kerja sesuai passion dengan "terpaksa" memang efeknya akan beda, Mbak. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..itu pasti, mas Firman..beda treat..beda hasil.. :D

      Delete
  3. Menulis dengan mengalir begitu saja lebih enak kak daripada menulis dengan memikirkan hal-hal muluk yang malah mematikan naluri menulis kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, mas Akbar..let it flow..and we'll see.. :D

      Delete
  4. semoga tetap semangat menulis ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammiinnn..semoga ya (makmin) mba Tanti.. makasih.. :D

      Delete
  5. Wah keren tuh tulisannya dah pernah dimuat dimajalah, slalu semangat ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siippp..mba Prima, semoga selalu punya passion untuk menulis.. :D

      Delete
  6. alasan aku tiap hari BW k minimal 5 blog, itu jg krn mw bljr trus ttg menulis yg baik mba :).. Nth knpa slalu aja ngerasa tulisan ku msh kurang , msih ga menarik, msh terlalu std, dll. makanya blog jg bm brani dipasangin google adsense :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mba Fanny..keren banget tuh sehari bisa BW min 5 blog..terus berkarya ya mba.. :D

      Delete
  7. Waah selamat dan semangat mbak.. Semoga bisa menyusul hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak Ratih..pasti nanti bisa menyusul kok mba..terus berkarya.. :D

      Delete
  8. senang sekali bisa kerja sesuai passion ya mba, ada banyak hal hebat kalau semuanya sesuai passion :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul banget mba Ika..passion adalah nyawa dari apa yang kita kerjakan.. :D

      Delete
  9. "Banyak hal yang tidak penting mungkin, namun saya yakin di luar sana ada yang membutuhkan."

    Setuju banget sama ini.. Makanya aku ngeblog terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok, sip..mba Pungky..aku suka dengan gaya tulisanmu di blog..cair banget..keren pokoke.. :D

      Delete
  10. Saya gak tahu cara masang google adsense Mak. Nulis di blog ya buat kesenangan saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus update tulisan aja mba Rizki..nanti juga lama2 kepikiran sendiri mau dibawa kemana blognya hehe..

      Delete
  11. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    ReplyDelete
  12. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    ReplyDelete
  13. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
  14. Makasih sharingnya, Mbak Juliastri ...

    ReplyDelete
  15. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    ReplyDelete
  16. terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

    ReplyDelete
  17. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
  18. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    ReplyDelete
  19. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  20. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih ne ya!! beritanya bagus banget dan sangat menarik di baca siang ini. Ijin share juga ya, terimakasih sekali lagi.

    ReplyDelete
  21. Sebentar lagi hari raya idul adha akan tiba, jangan lupa puasa arafah bagi yang muslim, semoga tahun ini membawa berkah dan kebahagiaan. Keep posting, gan..

    ReplyDelete
  22. Terimakasih gan, keep blogging. templatenya bagus ini, pengen deh punya blog kayak gini.

    ReplyDelete
  23. SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA, TEMAN-TEMAN YANG MENJALANKAN, SEMOGA TAHUN INI SELALU DIHUJANI BERKAH DAN RIDHO ALLAH SWT.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...