Friday, October 24, 2014

Lupa Membawa Aib



Gambar dipinjam dari sini


Semua orang bisa lupa. Lazimnya, sih..penyakit lupa disebabkan karena faktor usia. Tapi bisa juga loh menyerang pada usia muda. Laiknya penyakit menular, lupa ini bisa bikin geregetan sendiri. Bayangkan, sudah uring-uringan sendiri nyari barang yang lupa ditaruh dimana, nggak taunya ada di kepala sendiri ( contoh : lupa cari kacamata dimana ).

Hm..baiklah, saya akan cerita sedikit aib saya yang disebabkan oleh lupa ini. Saya ingat, waktu itu saya masih usia 24 tahun.  Loh, katanya lupa..kok ingat umur berapa..hihi..sik, sabar..lupanya di konteks yang lain. Jadi ceritanya begini..jreng-jreng..*setel backsound yang seru..*

Pagi itu, saya sudah siap-siap berangkat kerja. Dari kost, jalan kaki sekitar 5 menit menuju jalan raya yang dilalui angkot. Yap..saya memilih angkot sebagai alat transportasi menuju kantor saya yang sebenarnya gak jauh-jauh amat dari kost. Saat ada temen jalan kaki, biasanya kita rame-rame jalan bareng dari kost ke kantor. Tapi saat sendiri, rasa males jalan diatasi dengan naik angkot jarak dekat. Karena dekat itulah, biasanya saya sudah siapin uang untuk ongkos naik angkot yang waktu itu seharga dua ribu rupiah kalo jauh, kalo dekat seperti saya cukup bayar dengan uang seribu rupiah saja. Saya ingat, uang seribu saya berupa uang receh lima ratusan dan seratusan. Bisa dihitung kan jumlahnya..(malah ngajak itung-itungan..hihihih..). Dari mulai keluar dari kamar kost, tangan saya sudah menggenggam itu uang recehan. By the way, sekitar tahun 2004, uang receh masih sangat berarti. Setidaknya buat saya yang waktu itu masih nge-kost.

Singkat kata, saya dah masuk di angkot nih, seperti biasa nggak ada kernetnya, hanya pak sopir seorang. Penumpang tidak terlalu banyak. Cuma ada 5 orang. Sebagai gambaran, jarak dari kost ke kantor itu sektar 500 meter. jadi begitu pantat mulai duduk, semenit kemudian udah siap-siap untuk turun. Nah, seratus meter sebelum turun, saya sudah kasih kode ke pak sopir hampir turun. 

"Depan kiri pak.."

Seettt...angkot berhenti tepat di depan kantor. Lincah saya langsung turun begitu saja. Tanpa babibu, saya masuk ke kantor sambil tangan saya memainkan receh di tangan. Teman-teman kerja saya menunjuk-nunjuk keluar pintu yang terbuat dari kaca. Saya cuek aja, nggak ngeh dengan apa yang mereka maksudkan. Sayup-sayup saya mendengar klakson angkot yang dibunyikan berisik. Ihhhh...oh my God ! Saya tepok jidat..bukankah uang di tangan ini harusnya dibayarkan kepada pak sopir angkot.

Secepat kilat saya berlari keluar kantor, diiringi tawa teman-teman kantor. Aduh..itu angkot sudah tidak tampak batang hidungnya. Wadaw..malunya dobel XXXXLLL..muka saya terasa panas. Sepertinya kepiting rebus menyamar di wajah saya. Lalu gimana nasib receh buat bayar angkot inih..aduh, maafkan saya pak Sopir, sempat GR berprasangka pak sopir naksir saya dengan membunyikan klakson keras-keras. Barangkali ingin bilang kepada dunia, bahwa sayalah wanita pujaannya. Gak taunya nagih ongkos ! Duh Gusti..aibku jadi hiburan teman-temanku. Gara-gara lupa !

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...