Monday, June 22, 2009

PRO-KONTRA MONEY GAME & MLM

Kalau mendengar kata ‘Money Game’, pasti yang ada di benak kita adalah permainan uang yang tidak beda jauh dengan judi. Judi, hukumnya haram dan sangat merugikan bahkan dapat melumpuhkan mental kerja keras di masyarakat. Maunya enak, sedikit usaha dapat uang banyak dan bisa foya-foya. Bukan, money game yang akan saya bahas ini bukan judi.

Mungkin terlalu muluk jika kita mendengar komisi , royalty, bonus, dan jaminan lainnya dari banyak MLM dan money game. Iming-iming uang ratusan juta hingga milyaran rupiah bukan lagi mimpi jika kita bisa menjalankannya. Nggak mungkin, omong kosong, bull shit, pemimpi, penipuan, kok mau-maunya to…hari gini, pengin enaknya aja ? Hm..ya..ya..ya..that’s all right.

Semua orang berhak mengungkapkan pendapatnya. Sah-sah aja kok, segala sesuatu pasti ada yang setuju dan ada yang tidak sependapat. Perlu diketahui bahwa setiap orang punya pilihan hidupnya masing-masing. Mau jadi karyawan, monggo.. atau mau jadi bisnisman atau bisnis woman ya monggo.. nggak ada yang melarang. Wong hidupnya sendiri kok diatur-atur orang lain, ya toh ? Hanya diri kita sendiri yang tahu apa yang kita inginkan dalam hidup kita, dan hanya diri kita sendiri yang mempunyai target hidup kita. Bukan siapa-siapa.

Dalam hidup ini, yang namanya menjalankan bisnis, hanya ada dua resiko yang kita pertaruhkan : untung atau rugi. Dan sudah wajar jika dalam bisnis dibutuhkan modal, apakah itu modal besar atau modal kecil yang berupa modal uang ataupun modal kepintaran. Hal itu relatif sifatnya. Kalau banyak orang rugi, apa kita juga harus ikut-ikutan rugi ? Dan kalau banyak orang gagal, apa kita juga ditakdirkan untuk ikut gagal ? Kenapa kita tidak menjadi orang yang berhasil saja dengan konsekuensi kita harus bekerja keras. Memutar strategi dan mengerahkan semua kemampuan kita. Dan jangan menyalahkan orang lain jika kita gagal, karena sebenarnya kegagalan menjadi indikator kurang kerasnya usaha yang kita jalankan. Kata orang, itu penipuan, kata orang yang untung yang awal, yang rugi yang ikut belakangan. Benarkah ? Itukan kata orang, apa kita sudah membuktikannya ? Begitu mudahnya kita terpengaruh dengan orang lain hingga kita mengorbankan mimpi-mimpi kita, keinginan kita untuk berhasil. Kenapa kita tidak menganggap semua pendapat orang lain itu sebagai tantangan untuk membuktikan kebenarannya ? Kebanyakan orang baru percaya setelah ada hasil, tapi sependapatkah anda jika proses pencapaian itu sendiri jauh lebih penting ? Jika tidak mencobanya, darimana kita tahu kalau kita akan gagal ? Bukankah itu berarti kita sendiri telah berhasil menggagalkan diri sendiri ? Bahkan sebelum kita berani untuk mencobanya ?

Banyak orang yang beranggapan bahwa struktur piramid hanya menguntungkan orang yang pertama ikut dan akan merugikan orang yang terakhir karena sudah kehabisan downline. Mungkinkah orang yang begitu banyaknya bisa habis karena ikutan bisnis ini ? Padahal fakta membuktikan ada jutaan pengguna internet, dan semua mempunyai peluang yang sama untuk berhasil. Jika struktur pyramid yang terjadi bisa ideal, dalam arti 1 orang mendapat 10 orang, kemudian 10 orang mendapatkan 10 orang lagi dan demikian seterusnya, bisa dipahami jika lama-lama yang terakhir akan kehabisan downline. Faktanya, struktur piramid tidak akan pernah bisa ideal, kalaupun bisa kemungkinannya sangat kecil, dan itu artinya dalam bisnis ini berlaku siapa yang bertahan dan pantang mundurlah yang akan berhasil.

Jadi teman-teman, apapun usaha kita jika ingin berhasil kuncinya cuma satu : KERJA KERAS. Tanpa kerja keras, semuanya sia-sia bahkan kita akan kehilangan modal awal yang telah kita pertaruhkan. Dan jangan salahkan siapa-siapa jika kita rugi dan tidak mendapatkan apa-apa karena itu berarti kita belum melakukan apa-apa. Tak akan pernah ada uang yang jatuh dari langit. Semua harus diupayakan.

No pain, no gain… Selamat merenungkan !

6 comments:

  1. gabung dengan money game. . .huh cape deh. . cuma gabung-bayar-dapetin member. . halah bete. . masih mending kalo bisa dptin member, kalo ngga? ga dpt apa2 kan?

    mending beli produk, ikut sistem rèseller. . udh dapet ilmu dapet juga duit. . mantabzz. . nih aku dah bisa ngedownload sepuasnya + udh dptin 2jt, minggu ini doank. . hehe. .
    coba deh http://rahasiadownloadgratis.com/?id=nukhasa

    thanks bwt nulis ni blog, keren. .

    ReplyDelete
  2. Ok, Nurul..thank's for the comment, it's mean a lot for me...:)

    ReplyDelete
  3. Kalau downline ideal adalah 10 orang.
    Maka jika
    Level 1: ada 1 orang untung 10 orang rugi.
    Level 2: ada 11 orang untung ada 100 orang rugi
    level 3: ada 111 orang untung ada 1000 orang rugi
    level 4: ada 1111 orang untung ada 10000 orang rugi
    level 5: ada 11111 orang untung ada 100000 orang rugi
    dst... sampai titik jenuh misalnya 250 juta penduduk Indonesia sudah kenal internet dan ikut money game semua.

    Perbandingan yang rugi jauh lebih besar dari yang untung. Itulah kenapa saya tidak setuju dengan money game, karena menguntungkan segelintir orang dari kerugian banyak orang.

    ReplyDelete
  4. Itulah kehidupan, biarkan orang memilih....
    pengen untung or rugi, semuanya harus ada usaha!!

    ReplyDelete
  5. Memang macam-macam ya cara orang cari uang di internet, ada aja idenya....
    Tapi saya sih kurang setuju dengan money game, karena hanya menguntungkan yang awal dan pemiliknya saja.
    Saya pernah ikut juga money game, tapi ya nihil... malah rugi modal awal,
    Selamat berusaha...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...